Senin, 07 Maret 2011

MANFAAT BUAH SEMANGKA BAGI KESEHATAN

MANFAAT BUAH SEMANGKA
BAGI KESEHATAN


Di Susun Guna Melengkapi Tugas Akhir Semester 2
Mata Pelajaran Bahasa Sastra Indonesia
Guru Pembimbing : Sugiyanto S.Pd








Oleh :
                                                                   1. Ari Wibowo
                                                                   2. Lilis Martiana
                                                                   3. Muhammad Anwar
                                                                   4. Wulandari

SMA MUHAMMADIYAH 04 ANDONG
TAHUN PELAJARAN
2011



 
MOTTO

·         Sebelum jauh-jauh berikhtiar mencari solusi permasalahan kehidupan yang sedang di hadapi, mari kita perbaiki sholat, perbanyak istigfar, mulai mencintai puasa sunnah, sedekah dan bangun malam.
·         Membudidayakan “SMS” (sering-sering membaca sholawat) kita akan selamat, dunia dan akhirat. Di tambah puasa sunah dan sholat sunah dijamin “Sehat”
·         Kunci sukses adalah do’a dan usaha
·         Masa lalu bukan untuk dilupakan tepapi sebagai pelajaran
·         Di balik kelebihan terdapat kekurangan, dan di balik kekurangan tersimpan suatu kelebihan.
·         Gunakan otak untuk berfikir, gunakan hati untuk berdzikir.



PERSEMBAHAN

Penelitian ini kami persembahkan kepada :

1.      Kedua orang tua tersayang
2.      Bapak ibu guru SMA Muhammadiyah 04 Andong
3.      Para sahabatku



KATA PENGANTAR

Dengan ucapan yang Mulia kami tunjukkan kepada Allah SWT. Yang telah memberi Rahmad dan Barokahnya kepada kita sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian sederhana ini dengan lancar.
Laporan penelitian sederhana ini bertujuan untuk melengkapi tugas Akhir Semester 2 SMA Muh. 04 Andong tahun ajaran 2010/2011.
Dalam menyelesaikan laporan penelitian ini kami mendapat dukungan bimbingan banyak dari pihak-pihak antara lain :
1.      Kepala Sekolah SMA MUHAMMADIYAH 04 ANDONG
2.      Wali kelas
3.      Guru-guru yang lain
4.      Kedua orang tua
Kepada pihak-pihak tersebut kami mengucapkan terima kasih.
Dalam pembuatan laporan penelitian ini mungkin banyak kesalahan dan kekurangan yang kami lakukan baik di sengaja maupun tidak disengaja maka dari itu kami akan senang hati menerima kritik dan sarannya, dari semua pembaca

Andong ……….2011


BAB II
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG MASALAH
Tanaman semangka, Citrulus Vulgaris(SCARD) adalah tanaman yang berasal dari Afrika. Gurun pasir Kalahari merupakan lahan pusat penyebarannya. Bila sedang musimnya, buah semangka akan melimpah ruah. Semua binatang, mulai dari gajah sampai tikus dan binatang buas sangat menyukainya. Bersama para pelayar dan pedagang, tanaman ini ikut beremigrasi ke India dan Cina, setelah itu kenegara lainya. Penyebarannya ke benua Amerika dilakukan oleh bangsa Afrika sendiri. Di belahan bumi subtropika, seperti Jepang, Amerika, tanaman semangka merupakan tanaman yang dapat memberikan keuntungan cukup besar.
Buah semangka memiliki dayatarik khusus. Buahnya tergolong mengandung banyak air (sekitar 92%). Nilai Gizi buahnya termasuk rendah, hanya mengandung7% karbohidrat dalam bentuk gula. Kandungan vitamin dan mineralnya pun tergolong rendah. Meskipun demikian, buah ini banyak penggemarnya. Warna daging buah yang merah atau kuning serta konsistensisnya yang remah, berair banyak, sangat merangsang selera untuk mencicipinya. Rasa buah yang manis serta mengandung banyak air sangat melegakan bila dimakan pada saat haus. Buah semangka muda dapat dibuat sayur. Kulit buah semangka dapat dibuat acar, bijinya dapat dibuat kuaci (makanan kecil yang gurih dan asin). Rasa gurih kuaci ini ditimbulkan oleh kandungan lemak dari protein biji yang cukup tinggi, antara 30-40%
Komposisi buah dan biji semangka per 100gram
Kandungan
Buah
Biji
Energi
Air
Protein
Lemak
Karbohidrat
Vitamin A
Vitamin C
Nikotinamid
Niasin
Ribvloavin
Thiamin
Abu
Kalsium (Ca)
Besi (Fe)
Fosfor (P)
28 kal
92,1%
0,5 g
0,2 g
6,9 g
500 Si
6 mg

0,2 mg
0,05 mg
0,05 mg
0,3 mg
7 mg
0,2 mg
12 mg
-
6 g
25 g
-
19 g
-
-
1,5 mg
-
0,15 mg
0,1 mg
-
50 mg
8 mg
-
Oleh orang Cina, buah semangka di golongkan ke dalam buah labu, dan kata “kuaci” berasal dari bahasa mandarin yang berarti biji labu. Kata ini merupakan bukti emigrasi semangka di mulai dari Afrika ke Cina kemudian ke Indonesia kuaci di buat dengan cara merebus biji lalu merendamnya kedalam larutan garam pekat (konsentrasi + 20%) selama semalam atau lebih. Setelah itu, biji semangka ditiriskan kemudian di jemur di bawah sinar matahari.
Budi daya semangka di daerah subtropika telah maju di bandingkan tempat asalnya atau daerah tropika lainya. Jenis-jenis baru, kibrida dan hibrida triploid atau semangka tak berbiji, telah di ciptakan. Kualitas dengan ujud yang menarik disertai kandungan gula tinggi jauh mengungguli buah-buah semangka tropis. Di daerah tropika, pertumbuhan vegetatif tanaman umunya sangat baik. Namun produksi dan kualitas buahnya sangat rendah. Buahnya rata-rata berukuran kecil, rasanya manis, kandungan gulanya rendah. Hal ini kemungkinan di sebabkan oleh kelembapan daerah tropika yang senantiasa tinggi sepanjang tahun.
Semangka merupakan tanaman musim kering. Agar tumbuh dengan baik dan cepat membutuhkan iklim yang kering dan panas. Faktor iklim ini sangat menentukan. Iklim lembab tidak hanya menghabat pertumbuhannya, tetapi juga menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit, produksi dan kualitasnya merosot. Hujan yang berlebihan atau suhu rendah di daerah subtrropika akan menghancurkan tanaman.
Kenyataan kenyataan ini lah yang membuat tanaman semangka memiliki daya tarik khusus, sebab :
-          Di gemari semua orang, meskipun nilai gizi buahnyarendah
-          Tanaman berasal dari daerah tropika yang berkembang pesat di daerah sub tropika, kualitas dan produksi buahnya pun lebih unggul dari pada daerah tropika.
-          Mampu mendatangkan keuntungan bila budi dayanya dilakukan dengan baik atau bahkan kerugian bila yang terjadi sebaliknya.
Oleh karena itu, budi dayanya harus dilakukan dengan baik agat hal-hal yang menyebabkan kerugian dapat di hindari



1.2  RUMUSAN MASALAH

Ada dua macam masalah dalam penelitian ini :
1.      Bagaimana  cara proses pembudidayaan penanaman buah semangka secara baik dan benar ?
2.      Bagaimana cara memanen buah semangka dengan baik dan benar?

1.3  TUJUAN

Ada dua tujuan dalam penelitian ini
1.      Mengkaji cara pembudidayaan buah semangka dalam bidang pertanian.
2.      Mengkaji perlakuan pasca panen semangka,

1.4  MANFAAT

Adapun manfaat penelitian ini adalah :
·         Mengetahui proses atau tahap-tahap dalam bercocok tanam buah semangka secara benar dan baik, serta dapat memproduksi semangka dalam jumlah besar dan berkualitas bagus.



BAB III
LANDASAN TEORI

2.1  Tinjauan Pustaka
Pengertian semangka
Penggolongan semangka biasanya di tetpkan berdasarkan ciri-ciri buahnya : bentuk, ukuran, warna kulit, dan warna daging buah. Bentuk buah semangka dibedakan menjadi bulat, oval dan oblong. Sedangkan ukuran buah semangka di nyatakan berdasarkan beratnya, yaitu :
-          Buah besar, buahnya lebih dari 4 kg.
-          Buah sedang, beratnya 2-4 kg
-          Buah kecil, beratnya kurang 2 kg
Warna kulit buah semangka di bedakan menjadi kulit buah yang bergaris dan tidak bergaris. Kulit buah yang tidak bergaris, kemungkinan berwarna hijau, hijau tua atau kuning. Varietas kulit buah tidak bergaris ini semakin tidak populer, bahkan mungkin akan hilang. Berdasarkan kulitnya, semangka juga dapat dibedakan menjadi buah berkulit tebal dan berkulit tipis. Varietas berkulit tebal relatif tahan selama pengangkutan sehingga cocok untuk perdagangan jarak jauh.
Daging buah semangka biasanya berwarna merah atau kuning sekitar 80% produksi mempunyai daging buah berwarna merah. Dan ternyata warna merah ini lebih disukai oleh konsumen.
Berat, bentuk dan jumlah biji semangka sangat bervariasai. Berdasarkan jumlah bijinya, semangka digolongkan menjadi :
1.      Semangka berbiji banyak bila di dalam buah terdapat lebih dari 600 biji
2.      Semangka berbiji sedang bila dai dalam buah terdapat 600 biji dan
3.      Semangka berbiji sedikit bila dai dalam buah terdapat kurang dari 600 biji




2.2  KERANGKA PEMIKIRAN

“Asal – usul buah semangka”

 Tanaman semangka, Citrulus Vulgaris (SCARD) atau Citrulus Lanatus (THUMB) MANSF adalah tanaman yang berasal dari daerah topik dan subtropik Afrika. Semangka mirip dengan melon(Cucumis Melo L.) keduanya termasuk famili Curcubitaceae.
Famili ini memiliki sekitar 750 jenis yang tumbuh tersebar di daerah tropika. Beberapa anggota famili Curcubitateae yang dikenal sebagai tanaman sayuran, diantaranya ketimun (Cucumis Sativus L), waluh (Curcubita Maxima Duch), oyong (Luffa Clindrica (L) Roem), paria(Momordica Charantia L), labu siem (Sechium edule (jacq) SW), bligu (benincasa hispida (thumb) cogn) dan labu air ( Lagenaria Siceraria (mol) standil). Di Jepang, labu air dan wuluh digunakan sebagai pohon pangkal semangka untuk menghindari penyakit layu.
Semangka termasuk tanaman semusim sehingga di Amerika, Eropa dan Jepang di golongkan ke dalam kelompok tomat, cabe, terong sebagai golongan sayuran buah. Di Indonesia, semangaka termasuk golongan buah-buahan seperti halnya melon dan strawberi.
Batang semangka berbentuk bulat dan luna, berambut, dan sedikit berkayu. Batang ini merambat penjangnya sampai 5,5-5,6 meter. Cabang-cabang lateral mirip dengan cabang utama. Daunya berbentuk caping. Bertangkai panjang, dan letaknya bersebrangan. Bunga semangka berjenis kelamin satu, tunggal, berwarna kuning, diameternya sekitar 2 cm
Jenis-Jenis semangka :
1.      Semangka lokal, cirinya : mengandung banyak biji, rasanya kurang manis, dan buahnya kecil-kecil.
2.      Semangka Introduksi, semangka ini berasal dari lua negeri setelah di uji keunggulannya daya adaptasi dan daya tahannya terhadap hama/penyakit, maka benih semangka ini dinyatakan baik dan dianjurkan sebagai varietas bibit unggul baru.
BAB III
METODE PENELITIAN

Metode penelitian merupakan cara yang teratur untuk mencapai tujuan :

3.1  Obyek Penelitian
Obyek penelitian adalah apa yang menjadi perhatian salah suatu penelitian (Arikunco) saran atau sasaran dalam penelitian ini adalah pertumbuhan, ketegaran, serta pembuahan tanaman semangka sangat tergantung  pada pemenuhan ekologi tumbuh yang sesuai dan optimal. Pemenuhan ini meliputi kebutuhan unsur iklim (cahaya, suhu, air, udara) dan kondisi lahan.

3.2  Sumber Data
Sumber pemerolehan data di dapat dari tulisan-tulisan di berbagai media cetak (buku) dan internet.

3.3  Metode Penyediaan Data
Metode data dalam penelitian ini adalah penggunaan metode dokumentasi di gunakan dengan cara pencatatan atau pengutipan data tertulis yang terlebih dahulu dilakukan.

3.4  Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dari penelitian ini dapat disajikan 5 bab.
Bab I, adalah pendahuluan berisi latar belakang masalah, perumusan masalah , tujuan, dan manfaat tujuan.

Bab II, adalah landasan teori berisi tinjuan pustaka dan kerangka pemikiran.

Bab III, adalah metode penelitian berisi objek penelitian, sumber data, metode penyediaan adata, dan sistematika penulisan.

Bab IV, adalah hasil dan pembahasan berisi tentangproses pemanfaatan buah semangka, zat yang terkandung dalam buah semangka dan kasiat dari buah semangka.

Bab V,  adalah kesimpulan dan saran.



BAB IV
HASIL dan PEMBAHASAN

4.2  Manfaat Semangka
-          Kulit buah semangka dapat digunakan untuk pengobatan : Bengkak karena timbunan cairan pada penyakit ginjal, kencing manis (Diabetes Militus), gatal karena tanaman beracun, dapat menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah, kulit kasar, luka bakar dan terbakar matahari, menyuburkan rambut.
-          Daging buah di gunakan untuk pengobatan : pingsan karena udara panas, nyeri sewaktu kencing, susah buang air besar, sakit tenggorokan, sariawan, hepatitis, tekanan darah tinggi (hipertensi), keracunan alkohol.
-          Biji digunakan untuk : susah buang air besar selama hamil atau usia tua, radang hati, radang selaput lendir, usus, infeksi kandungan kemih.

4.3  Cara Pemanfaatan Buah Semangka
-          Rebus kulit buah (10-30g) lalu di minum
-          Daging buah di makan atau di jus
-          Untuk pemakaian luar gunaka buah pada kulit kepala.



BAB V
SIMPULAN DAN SARAN


5.1  Simpulan
Berdasarkan hasil pembahasan tentang buah semangka tersebut dapat disimpulkan bahwa buah semangka dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit serta mempunyai banyakmanfaat meskipun nilai gizinya termasuk rendah. Contohnya yaitu, antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C yang membantu sel-sel tubuh tetap sehat. Selain itu kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.

5.2  Saran
Dalam pembuatan laporan penelitian ini banyak kesalahan dan kekurangan yang kami lakukan, maka dari itu kami akan senang hati menerima kritik dan sarannya dari semua pembaca.



DAFTAR PUSTAKA

Andrianto, P. 1987. Terpi Obat dalam Peumatologi. EGC Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.
Andrus, C.F, Seshadri, VS, dan Grimball, PC. 1971. Production of Seedless Watermelon, Agricultural Research Service, USDA, Wasington, DC.
Anonim. 1969. Culture Of Vegetables. Bureau of Plant Industry, Manila
Makmur, Amris. 1985. Pokok-pokok Pengantar Pemuliaan Tanaman, Penerbit P.T Bina Aksara, Jakarta.
George, R.A.T. 1980. Vegetable Food Technology. Food and Agriculture Organitation of the united Nation, Rome.
Bailey,L.H. 1950. The Standard Cyclopedia Of Horticulture, Volume II. The Macmillan Companny, New York.

3 komentar:

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan M36 (Mikro Mineral) untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus
  2. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan M36 (Mikro Mineral) untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus